Jumat, 04 September 2009

bahan outbond

Bathok Triguna
Tujuan dari permainan ini adalah melatih keseimbangan tubuh dan kesegaran otak. Alat yang diperlukan dalam permainan ini adalah bathok kelapa. Sedangkan Prosedur permainan bathok triguna adalah :
1. Tiap peserta dibekali dengan tiga buah bathok kelapa dengan bentuk ½ lingkaran bola.
2. Diinstruksikan saat berjalan di arena, peserta wajib menginjakan kaki di atas bathok yang disediakan.
3. Saat berjalan, kaki peserta tidak boleh menyentuh tanah secara langsung, dan tangan saat mengambil bathok tidak boleh bertumpu pada tanah secara langsung pula.
Pemaknaan :
Mampukah peserta menjaga keseimbangannya ?
Siapakah yang paling cepat mencapai garis finish?
Apa yang mereka rasakan saat melakukan gerakan ?
Apa yang menjadi kunci keberhasilannya ?
Dan apa pula yang menjadi penyebab kegagalan
Blind Walk
Tujuan permainan ini adalah untuk melatih keseimbangan otak. Langkah yang harus dilakukan oleh peserta adalah tiap-tiap peserta dalam kelompok diminta berjalan dengan mata tertutup (kecuali ketua kelompok) mengikuti jalur yang sudah dibuat. Dengan arahan ketua kelompok yang berjalan paling belakang, peserta berjalan mengikuti jalur tanpa menyentuh pembatas. Kelompok yang pertama memasuki garis finish ditetapkan sebagai pemenang. Pemaknaan dalam permainan ini adalah bagaimana kelompok mengatur strategi dan melatih kedisiplinan serta kerjasama kelompok.
Pipa Bocor
Tujuan permainan ini adalah mengatasi berbagai masalah.
Alat bantu dalam permainan ini meliputi pipa bocor, penyangga, ember, gelas aqua, bola pimpong.Prosedur dalam permainan ini adalah :
1. Masing-masing kelompok diminta berlomba mengeluarkan bola pimpong yang ada dalam pipa bocor dengan menggunakan air.
2. Cara menuangkan air ke dalam pipa hanya boleh menggunakan gelas aqua yang telah disediakan dengan waktu yang telah ditentukan
Pemaknaan dalam permainan ini adalah kerjasama kelompok, strategi menyelesaikan masalah dan kepemimpinan.
Evakuasi BambuTujuan permainan ini adalah melatih kerjasama yang komunikatif.Alat bantu yang digunakan adalah bambu, air, tali dan bola pimpongProsedur dalam permainan ini adalah :
1. Tiap kelompok berlomba mengeluarkan bola dari dalam bambu dengan cara menuangkan air ke dalam bambu.
2. Cara menuangkannya, bambu yang berisi air hanya boleh diangkat dengan menggunakan tali yang telah disediakan
3. Saat melakukan evakuasi, anggota badan tidak boleh melewati batas aman dari daerah yang telah ditentukan
Pemaknaan dalam permainan ini adalah :
Bagaimana langkah peserta dalam melaksanakan tugas ini
Strategi apa saja yang peserta gunakan untuk menyelesaikan tugas ?
Mampukan mereka bekerjasama dengan baik ?
Siapakah yang mampu memimpin dan berkomunikasi dengan baik ?

Birma Crosser
Tujuan permainan ini adalah melatih percaya diri untuk menghadapi segala ujian dan rintangan dalam kehidupan. Alat bantu dalam permainan ini meliputi bambu, karmentel, kong, snappling, webbing dan helm. Adapun prosedur dalam permainan Birma Crosser adalah :
1. Setiap peseta diminta meniti bambu yang telah disediakan dengan ketinggian 2 m dan panjang 15 m
2. Fasilitator memasangkan kelengkapan pengaman sebelum peserta melaksanakan tugas tersebut
3. Fasilitator memberikan arahan dan motivasi agar peserta berhasil melewati bambu dengan sebaik-baiknya.
4. Fasilitator memegang tali pengaman untuk menjaga keselamatan peserta.
Saat pelaksanaan peserta yang lain menunggu giliran
Pemaknaan dalam permainan ini adalah :
1. Mampukah semua peserta melaksanakan tugasnya dengan baik ?
Adakah peserta yang merasa takut akan ketinggian ?
Apa kunci keberhasilan mereka ?
Apa yang menjadi penyebab kegagalan
Boom Bali
Tujuan dari permainan ini adalah melatih strategi dalam menyelesaikan masalah. Permainan dapat dilaksanakan dengan alat bantu antara lain bambu, ember plastik, dan bola pimpong. Adapun prosedur permainan Boom Bali adalah :
1. Masing-masing kelompok diminta mengambil bola pimpong dalam ember dengan waktu yang telah ditentukan.
2. Saat melaksanakan tugas, anggota kelompok tidak boleh menginjak tali pembatas yang telah dipasang.
Peserta yang mengambil bola, tangannya tidak boleh menyentuh bibir ember, apalagi menjatuhkannya.
4. Masing-masing kelompok, mempunyai kesempatan mengambil bola sebatas waktu yang telah ditentukan
Pemaknaan dalam permainan ini adalah apa yang menjadi kunci keberhasilan/kegagalan ?
Macam-macam outbond
ITEM
GAME
ACTIVITIES
OBJECTIVE / INSIGHT
INTRODUCTION & ICE BREAKING
Gone with the Winds
Peserta diminta untuk melakukan gerakan tertentu sesuai dengan perintah
· Stretching
· Warming Up
· Pembentukan team work
· Menghilangkan keterbatasan diri dengan simulasi permainan yang menyenangkan
Everybody Ups
Peserta diminta untuk duduk kemudian berdiri secara bersama-sama. Hal dilakukan dari mulai kelompok kecil sampai kelompok besar.
The Giants

Willow in the Winds

Stick Transfer

Yell Compy

Man to Man

Confusing Tower
Peserta diminta untuk membuat menara dengan bahan kartu remi lalu dengan sedotan plastik.
· Change and reactions to change
Energy Mingel
Peserta diminta memperkenalkan diri dengan ekspresif satu sama lain tetapi tidak dengan nama melainkan dengan nomor 1-10 yang menunjukan komitmen mereka. Angka 1 menunjukan mereka merasa terpaksa berada di pelatihan ini dan angka 10 menunjukan mereka merasa senang berada dalam pelatihan ini. Angka 2,3,4 dst sampai 9 menunjukan seberapa besar kecenderungan mereka di skala tersebut.
· Commitment
· Being "here and now".
PROBLEM SOLVING
Balance Beams
Setiap peserta dalam kelompok untuk berusaha melewati rintangan, sehingga semua peserta dapat lolos dari rintangan tsb.
· Menumbuhkan jiwa rela berkorban untuk keberhasilan bersama.
Eggs Drop
Setiap kelompok diminta untuk memindahkan telur mentah dari ketinggian 3 m dan tidak boleh ada yang pecah. Alat yang digunakan 4 bungkus sedotan & satu butir telur mentah.
· Menyamakan persepsi
· Menyatukan visi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
· Team Work
· Strategy Planning
ENERGIZER
Pipe Line
Setiap kelompok berusaha memasukan bola-bola yang telah disediakan dengan media pipa tanpa menyentuh bola tsb dan dimasukan ke pipa yang telah ditentukan.
· Focus & kosentrasi penuh dalam mengerjakan dan menjalankan pekerjaan yang telah ditentukan
Pipa Bocor
Setiap kelompok akan berusaha mencoba untuk mengeluarkan bola-bola yang ada dalam pipa bocor dengan menggunakan air.
· Membangun suatu kebersamaan
· Menciptakan komunikasi aktif antar sesama peserta dalam kelompoknya Menyatukan visi dan misi dalam mencapai tujuan bersama
Infinite Circle(Group Challenges)
Setiap peserta berpasangan dalam kelompoknya dan masing-masing pergelangan tangannya diikat dengan tali dengan posisi silang. Kedua pasangan tersebut berusaha untuk melepaskan silangan tali tsb tanpa melepas tali-tali tsb.
· Kerterbukaan
· Kejujuran
· Menghilangkan keterbatasan diri
· Paradigm Shifting
· Introduction To Creativity
Magic Ropes
Semua peserta di dalam satu kelompok akan berusaha mengurai keruwetan tambang yang telah dipegangnya, dengan tanpa sengaja dibuatnya dengan tidak boleh melepas ujung tambang-tambang tsb.
· Bersedia menerima saran & ide (pendapat) orang lain
· Melatih kesabaran, ketenangan dalam memecahkan permasalahan
Transfer Glasses
Setiap kelompok akan berusaha memindahkan gelas yang berisi air ke tempat yang telah ditentukan dengan menggunakan peralatan kain yang telah disediakan.
· Menyatukan dan menyamakan visi/misi team
· Komunikasi efektif
· Disiplin
· Konsentrasi / focus
Traffic Jams
Setiap kelompok akan berusaha menjalankan pesertanya yang berdiri masing-masing 5 orang dilajur kanan dan 5 orang lajur kiri. Peserta hanya boleh berjalan maksimum 2 kotak dan tidak boleh sejajar dengan peserta dilajur sebelahnya. Dan berjalannya bergantian.
· Leadership
· Komitmen & tanggungjawab
· Disiplin
· Kejujuran Menyatukan dan menyamakan visi/misi team
Spider Webs
Setiap peserta dalam kelompok akan berusaha melewati rintangan berupa jarring lab-laba, dan jarring tsb hanya boleh dilalui satu orang saja dan tidak boleh menyentuh jaring
· Team Work
· Menumbuhkan jiwa rela berkorban untuk keberhasilan bersama
· Keterbukaan
· Kejujuran
Tunnel Game
Setiap kelompok akan berusaha melewati rintangan jalan yang terputus di dalam terowongan dengan menggunakan 2 papan yang tidak sama panjangnya dan 1 balok kayu dan didalam terowongan tsb terdapat alirang listrik yang terputus.
· Team Work
· Menumbuhkan jiwa rela berkorban untuk keberhasilan bersama
· Strategi
· Disiplin
· Tanggung jawab
Toxic Waste(Group Challenges)
Setiap kelompok akan berusaha memindahkan ember yang berisi limabh beracun ke tempat aman (disimpan di golon) dengan menggunakan tambang dengan tidak boleh menyentuh ember tsb dan tidak boleh melewati batas area yang aman.
· Menyatukan dan menyamakan visi/misi team
· Komunikasi
· Problem Solving
· Time Management
Human Leader(High Rope)
Setiap kelompok akan berusaha melewati target / rintangan yan telah ditentukan dengan menggunakan bambu dan setiap peserta akan berjalan diatas bambu tsb yang dipegang oleh peserta dalam kelompoknya
· Membangun kebersamaan team
· Komunikasi efektif
· Rela berkorban
· Komitmen
· Self Confidence,
· Risk Taking,
· Personal Motivation,
· Managing Fear,
· Adversity Quotient
Moving Carpets
Semua kelompok akan berusaha untuk berdiri diatas lembaran karpet dan akan berusaha untuk berpindah ketempat yang telah ditentukan
· Team work
· Menyatukan dan menyamakan visi/misi team
· Komunikasi efektif
· Komitmen
Danger Zone
Setiap kelompok akan berusaha melewati rintangan berupa medan / daerah yang penuh dengan ranjau/bomb dan bagaimana agar kelompok tsb bisa melewati rintangan tsb dengan selamat dan berpindah menuju area yang bebas.
· Kepercayaan diri
· Aplikasi praktis dalam pengambilan keputusan
· Berani mengambil resiko dan tanggung jawab
· Problem Solving
· Komitmen
· Team Work
Danger Zone
Setiap kelompok akan berusaha melewati rintangan berupa medan / daerah yang penuh dengan ranjau/bomb dan bagaimana agar kelompok tsb bisa melewati rintangan tsb dengan selamat dan berpindah menuju area yang bebas.
· Kepercayaan diri
· Aplikasi praktis dalam pengambilan keputusan
· Berani mengambil resiko dan tanggung jawab
· Problem Solving
· Komitmen
· Team Work
CHALLENGES
Trust Fall
Setiap peserta dalam kelompok akan berusaha menjatuhkan diri dari ketinggian ± 1.2 m dan membelakangi kelompoknya . Peserta kelompoknya akan membentuk pengaman bagi rekannya yang akan menjatuhkan diri tsb dengan menangkap agar tidak terjatuh ke tanah.
· Percaya diri
· Kepercayaan kepada team dan teman
Flying Fox
Setiap peserta di dalam kelompok akan berusaha melewati rintangan dengan ketinggian ± 15 m, setalah diatas peserta tsb akan meluncur kebawah dengan menggunakan peralatan dan pengaman badan dengan "Procedure Safety Standard International" boleh dilewati satu orang.
· Keberanian mengambil resiko
· Percaya diri
· Pengambilan keputusan
· Komitmen
· Tanggung jawab
Sirkuit Hi-Ropes
Setiap peserta dalam kelompok akan berusaha melewati rintangan sirkuit tali yang dibuat dari ketinggian 2 m - 6 m diatas tanah dan terakhir peserta tsb turun dengan Flying Jump, sesuai dengan "Procedure Safety Standard International".
· Percaya diri
· Konsentrasi
· Keseimbangan dalam Pengambilan keputusan
· Komitmen
Group Juggling
Peserta bertugas untuk mendistribusikan bola secepat mungkin dari satu orang ke orang lain di dalam kelompok dengan aturan; tidak memberikan pada orang yang tepat di sebelahnya, setiap orang hanya memberi dan menerima satu kali, bola tidak boleh jatuh. Apabila aturan dilanggar maka bola kembali pada orang pertama dan waktu tetap dihitung.
· Creativity,
· Relation between mind set and performance,
· Relation between creativity and pressure,
· Relation between creativity and process of teamwork.
MINDSET CHALLENGE
Giant Ladder
Peserta menaiki tangga raksasa yang anak tangganya berjarak sekitar 1m dan puncaknya berjarak 8 m dari tanah
· Self Confidence,
· Risk Taking,
· Personal Motivation,
· Managing Fear,
· Adversity Quotient
PERSONAL CHALLENGES
Caterpillars
Peserta, satu per satu, menaiki sebuah jalinan tali dan bambu setinggi 8 m vertikal dan berdiri diatas platform yang berada di ujung jalinan tersebut.
· Self Confidence,
· Risk Taking,
· Personal Motivation,
· Managing Fear,
· Adversity Quotient
GROUP CHALLLENGES
No Name
Peserta dalam kelompok bertugas untuk melakukan sebuah tugas tertentu. Mereka terbagi dalam tiga kelompok kecil lagi. Kelompok kecil pertama berperan sebagai Si bisu, yang kedua sebagai Si normal dan ketiga sebagai Si buta. Si bisu memiliki informasi tentang tugas apa yang harus dijalankan dan menyampaikannya kepada Si normal tanpa bicara. Lalu Si normal menyampaikannya pada Si buta dengan berbicara. Si buta melakukan tugas yang di instruksikan oleh Si normal. Jarak antara ketiga kelompok kecil tersebut kira-kira 3 meter.
· Communication,
· Seeing the big picture of information,
· Making effective communication
Terpanjang
Peserta membuat benda sepanjang mungkin dengan benda-benda yang dimiliki oleh team
· Team Work
· Kerelaan berkorban
· Kreatif Thinking
HIGH ROPE
Free Fall
Peserta harus melompat dan memukul bola yang berada di atas dengan menggunakan alat pengaman.
· Self Confidence,
· Risk Taking,
· Personal Motivation,
· Managing Fear,
· Adversity Quotient
TRADISIONAL GAMES
Bakiak zig-zag

· Team Work
· Kecepatan dan Kekuatan
Balap karung Zig Zag

· Strategi
· Kekuatan & Kecepatan
Tarik Tambang

· Team Work
· Kekuatan
Pecah Balon Air

· Kreatif
Belut Dengan Sumpit

· Kreatif
Paku dalam botol

· Kreatif
Kelereng dengan Sumpit

· Kreatif
Berebut Kursi

· Kecepatan
Sepak Bola Edan

· Kreatif
dll.


Catatan:
Jenis permainan (Games) yang akan digunakan ditentukan oleh Team Outbound/Outing - Johnson Indonesia atas dasar informasi dari Klien tentang tujuan yang akan dicapai dan disesuaikan dengan waktu yang ada.
Team Outbound/Outing - Johnson Indonesia memiliki jenis permainan yang cukup variatif
Team Outbound/Outing - Johnson Indonesia berharap kepada client menginformasikan jenis permainan yang pernah digunakan bila group yang sama sudah pernah mengikuti kegiatan Outdoor Activity agar tidak ada pengulangan permainan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar