Jumat, 04 September 2009

Tips Presentasi : Connecting With An Audience

Untuk mendapatkan perhatian dari audiens, cara yang paling efektif adalahdengan menemukan apa yang menjadi kebutuhan mereka dan mempersiapkan dirikita sebaik mungkin. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang penting padasaat saat berbicara dengan audiens. Ketika anda "terhubung" dengan audienssemua aliran energi mengalir antara anda dan audiens. Anda akan mendapatkanfeedback yang positif dan rasa kepercayaan diri jika anda berhasilmemperoleh perhatian audiens.
Bagaimana caranya agar kita terhubung dengan audiens? Pertama, pahami bahwapresentasi adalah interaksi dua arah seperti tanya jawab. Kedua gunakanteknik seperti cara dibawah ini. Perlu dicatat bahwa penggunaan teknikdibawah ini harus melalui penelitian tentang karakteristik audiens terlebihdahulu. Sebab jika anda mendesain presentasi anda untuk audiens yang tidaktepat, tingkat pengetahuan yang tidak tepat dapat dipastikan audiens andaakan bereaksi negatif.
Teknik untuk memperoleh atensi dari audiens dapat dilakukan pada keseluruhanwaktu presentasi. Jika anda presentasi dalam waktu yang panjang (full daytraining season) pertimbangkan untuk menggunakan teknik ini setiap 20 menitsekali atau kita anda merasa kehilangan atensi dari audiens.
Teknik meraih atensi audiens* Pelajari background audies (usia, pendidikan, pengalaman etc)* Fokuskan topik yang paling diinginkan audiens.* Pilihlah judul presentasi yang mencakup pada topik yang diinginkanaudiens.* Pastikan anda datang lebih awal disbanding audiens* Pastikan fasilitas dan setting ruangan nyaman buat presentasi.* Gunakan teknik pengenalan yang tepat dan relevan.* Pastikan anda menampilkan body language yang menyatakan bahwa andasenang berada disini.* Sapalah audiens* Pastikan audiens dapat mendengar dan melihat anda.* Komunikasikan tujuan anda dan pastikan anda merencanakannya denganbaik
* Selama presentasi: * Tampilkan sisi positif dari diri anda dan tidak perlu mengucapkankata-kata maaf.* Pastikan suara anda cukup antusias* Jangan cemberut dan murah senyum* Ajukan pertanyaan* Gunakan humor yang cukup* Gunakan eye contact* Jangan ragu untuk memuji audiens* Bagikan yang menjadi perhatian audiens* Gunakan teknik story telling, dengan cerita yang personal* Berikan tugas atau sesuatu yang harus dikerjakan audiens* Tunjukkan teknik mengatasi masalah* Nyatakan sudut pandang anda* Berbicaralah dengan menggunakan kosa kota sesuai dengan latarbelakang audiens.* Gunakan alat bantu seperti gambar dan makalah presentasi. Disadur dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar